BEKAM PANGGILAN DAN PIJAT REFLEKSI -354-

WA 0857-1903-1640 Fauzan

" MELAYANI ANDA DENGAN SETULUS HATI "

Monday, February 13, 2017

Inilah Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

manfaat mengkonsumsi air putih
Apa Manfaat Air Putih , ?  dibalik kesederhanaan nya, ternyata air putih yang selama ini kita minum, banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Air merupakan komponen utama di dalam tubuh manusia, faktanya tubuh kita yang terdiri dari Sel, Organ dan Jaringan ini tersusun dari 55 - 78% air, tergantung dari ukuran tubuh kita.

Cairan tubuh keluar dari tubuh melalui keringat, nafas, urin dan feses. semakin banyak cairan tubuh yang keluar, semakin banyak anda harus meminum air, agar cairan tubuh yang keluar dapat tergantikan. Bila air yang kita konsumsi tidak seimbang atau lebih sedikit dari cairan yang kita keluarkan, bisa menyebabkan dehidrasi.


Oleh karena itu, minum air yang cukup setiap hari sangat penting untuk menunjang kinerja berbagai fungsi tubuh, serta memiliki manfaat bagi kesehatan.
  
bahaya dehidrasi

Selain mencegah dehidrasi, air putih juga sangat baik untuk kesehatan tubuh .
Berikut ini Alasannya, mengapa kita harus meminum air putih secara cukup  :

1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
    Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Secara garis besar, fungsi dari cairan tubuh adalah untuk pencernaan, penyerapan, sebagai sirkulasi, produksi saliva ( air liur ) hingga transportasi nutrisi dalam tubuh.

Saat kekurangan cairan, otak akan mengirimkan 'sinyal haus' agar kita tahu bahwa tubuh kita membutuhkan tambahan cairan, agar organ-organ yang ada di dalam tubuh kita bekerja dengan baik.

2. Menambah tenaga dan memulihkan stamina  
     Otak sebagian besar tersusun dari air. Sel-sel tubuh juga memerlukan air untuk bekerja. Ketika cairan yang ada di dalam tubuh kurang, akan mengakibatkan hilangnya fokus, kurang konsentrasi mudah lelah dan mengantuk. Saat kekurangan cairan, tubuh mengalami penurunan volume darah, sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan organ-organ lainnya pun bekerja tidak efektif.

Itu merupakan gejala dehidrasi yang berakibat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, jika dibiarkan begitu saja. Maka dengan mengkonsumsi air yang cukuplah, organ-organ yang ada di dalam tubuh kita bisa bekerja dengan baik, sebagaimana mestinya.

3. Membantu dan mendukung fungsi ginjal
    Salah satu manfaat dari minum air putih adalah membantu organ ginjal untuk bekerja membersihkan racun dari dalam tubuh, mengontrol tekanan darah dan menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh.

4. Mengeluarkan racun
    Air merupakan pembersih racun terbaik, dengan membantu membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh melalui keringat dan juga urin. Air akan memecah dan melarutkan garam dan mineral yang ada pada urin, sehingga tidak menimbulkan penyakit batu ginjal. Dengan begitu racun yang ada di dalam tubuh bisa keluar dengan mudah dengan warna urin jernih dan tidak berbau.

Konsentrasi warna, serta bau urin akan bertambah bila tubuh kekurangan cairan, karena ginjal akan menyerap cairan untuk bekerja. Minumlah dengan air yang cukup, agar cairan yang keluar dari tubuh bisa tergantikan dan kerja organ hati akan semakin ringan untuk mengurai racun yang ada di dalam tubuh kita.

5. Membantu menurunkan berat badan 
    Sejak dulu, banyak orang yang melakukan diet dengan mengkonsumsi air putih saja, karena air putih
merupakan minuman tanpa kalori. Sehingga dengan mengkonsumsi air dapat mengurangi kalori yang masuk kedalam tubuh dan sangat membantu bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet.

orang yang meminum air putih sebelum makan, ternyata berat badan nya berkurang lebih cepat dibanding orang yang tidak meminumnya terlebih dahulu. Karena air membuat perut kita menjadi lebih kenyang sehingga mengurangi mengurangi nafsu makan. Selain itu, air juga dapat membantu pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme tubuh.

6. Melancarkan pencernaan   
    Dengan meminum air putih yang cukup, dapat membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan juga mencegah terjadinya kontipasi / sembelit. Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan sembelit / susah buang air besar, karena usus menyerap air dari kotoran untuk berhidrasi, sehingga membuat kotoran menjadi keras dan susah keluarnya.

Meminum air akan sangat membantu tubuh kita untuk mengolah makanan, membantu pencernaan bekerja dengan baik, melancarkan pergerakan usus dan memudahkan untuk buang air besar. Air dan serat sangat membantu untuk usus bekerja dengan baik.

7. Mengobati sakit kepala dan migrain

Pernahkah kita merasakan sakit dikepela / pusing , migrain ? tidak nutup kemungkinan bisa disebabkan karena dehidrasi / kurangnya cairan di dalam tubuh. tidak ada salahnya mengkonsumsi air putih sebagai langkah awal bila rasa sakit di kepala menyerang.

8. Mengatur suhu tubuh
    Saat berolahraga / cuaca sedang panas, tubuh kita akan mengalami kenaikan suhu sampai mengeluarkan keringat, sehingga cairan yang ada didalam tubuh kita keluar melalui keringat yang kita keluarkan. 
Semakin banyak keringat yang kita keluarkan, semakin banyak juga air yang harus kita minum, untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar. 

9. Memelihara kesehatan dan kecantikan kulit
    Air akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik, dan melancarkan aliran darah serta nutrisi yang membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih muda. Karena saat tubuh kita kekurangan cairan, kulit akan terlihat tampak kering dan berkerut. dengan meminum air yang cukup, dapat memperbaharui jaringan kulit, melembabkannya, melembutkannya, menjadikan kulit tampak bercahaya, keriput pun akan berkurang. 

Mudah-mudah informasi ini memberikan manfaat buat kita semua..
                                                                                                                                  

No comments:
Write komentar